Liburan, Ke Jambi Aja!

by - November 19, 2013

Apa sih yang terpikir di benak kamu ketika kamu denger tentang Jambi? Pasti yang ada dipikiran kamu adalah suku adat Anak dalam Jambi. Jambi sendiri memang memiliki keberanekaragaman suku. Salah satu suku di Jambi yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah suku adat Anak dalam. Suku Anak Dalam di Jambi memiliki sebutan nama untuk mereka yaitu anak rimba.

Tapi tahukah kamu, Jambi itu memiliki sesuatu yang unik yang nggak mungkin kamu temukan di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Mulai dari tempat sejarahnya, barang unik-unik yang cuma ada di Jambi, kulinernya, wisatanya, dan masih banyak lagi tentunya. Nah kalau kamu ke jambi ada beberapa tempat yang so pasti wajib kamu datengin. Jadi kamu nggak bakal nyesel deh setelah dateng ke Jambi.

 1. Tanggo Rajo

indah banget penoramanya

Kalau kamu ke sini super duper gila deh panoramanya. Nah,waktu yang bagus buat mengunjungi kawasan ini adalah saat sore dan malam hari. Soalnya ketika sore hari kamu bakal disuguhkan pemandangan matahari terbenam yang begitu mengesankan . Saat malam hari kamu bisa bersantai sambil menikmati keindahan kelap- kelip lampu kota Jambi. Di tanggo rajo kamu bisa menikmati jagung bakar dan es tebu yang banyak dijual di sepanjang sungai Batanghari. Apalagi kalau bareng seseorang yang spesial bagi kamu. Cieee

2. Tugu Monas

Monasnya Jambi

Di Jakarta ada monas. Jambi juga nggak mau kalah. Jadi nggak usah heran kalau di Jambi ternyata ada monas juga. Maksud gue bukan monas yang di Jakarta kemudian dengan jurus kamehameha dipindahin ke Jambi gitu. Jadi, dinamakan dengan monas karena bentuk tugunya serta puncak obornya yang mirip seperti Monas di Jakarta. Tugu monas ini berada di bundaran kota baru tepat di depan kantor walikota Jambi. Ditengah tengah tugu terdapat jam di keempat sisinya. Di bawahnya lagi terdapat ukiran Angsa sebanyak 4 ekor.

3. Masjid Agung Al Falah

Masjid 1000 tiang

Buat kamu yang penasaran dengan masjid 1000 tiang ini kamu harus kudu banget ke tempat ini buat mastiin beneran nggak sih ini masjid punya 1000 tiang. Dan ternyata *terentengtenteng* jumlah tiangnya itu cuma ada 256 tiang. Disebut masjid 1000 tiang karena memang masjid ini memiliki banyak sekali tiang yang dapat langsung dilihat dari luar masjid. Masjid ini tidak memiliki dinding dan pintu, tapi memiliki 1 kubah besar. Disampingnya terdapat menara yang cukup tinggi. Nama Masjid ini adalah  Masjid Agung Al-Falah . Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Jambi. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Jambi ini berada di Jalan Sultan Thaha di pusat kota Jambi.

4. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi

Kalau kamu pengen mengunjungi tempat bersejarah di Jambi. Nah Candi Muaro Jambi bisa jadi alternatif salah satu tempat tujuan ketika kamu di Jambi. Candi Muaro terletak Desa Muaro Jambi Kecamatan Muaro Sebo. Candi Muaro Jambi merupakan kompleks percandian terluas se-Asia Tenggara. Dikawasan ini terdapat Candi Astano, Candi Tinggi, Candi Gumpung, Candi Kembar Batu, Candi Gedong, Candi Kedato dan Candi Koto Mahligai.

5.Gunung Kerinci

ciamik banget dah kalau udah nyampe tempat ini

Nah buat kamu yang pengen lihat yang ijo-ijo kayak kolor ijo biar nyegerin mata. Bisa nih kunjungi gunung kerinci buat lihat kebun teh sambil jalan-jalan atau bahkan buat kamu yang seneng naik gunung boleh nih nyoba naik gunung kerinci. Gunung kerinci memiliki tinggi 3.805 mdpl.

6.  Keramik Jambi

Keramik cantik yang bernilai seni tinggi

Kamu mempunyai hobi mengoleksi barang-barang yang terbuat dari keramik? Nggak salah banget kamu dateng ke sini.  Kamu bisa berburu keramik yang bernilai seni tinggi dengan harga terjangkau di sini. Barang yang terbuat dari keramik ini sangat cocok banget buat oleh-oleh kamu ketika kamu mengunjungi kota Jambi. Lokasinya sendiri berada di Jalan Sisingamangaraja di Jambi.

 7. Gulai Ikan Patin
Enaknya gulai ikan patin :9

Kalau gue dari tadi ngomongin tempat-tempat yang super duper Jambi punya nggak lengkap kalau nggak ngomongin tentang kulinernya. Gulai Ikan Patin adalah salah satu masakan yang populer di masyarakat Jambi.Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Liat potonya aja udah bikin ngiler broooo. Apalagi kalau udah di depan mata, nggak ngedip-ngedip deh mata gue. *ngences

Liburan bentar lagi tiba. So,nggak usah pusing. Nggak usah bingung. Nggak usah repot. Jambi bisa jadi alternatif buat tempat liburan kamu.

Postingan ini diikut sertakan ke dalam Lomba Blog www.pipetmagz.com



You May Also Like

8 komentar

  1. wah aku suka banget sama gunung kerinci, jadi pengen kesana >.<

    BalasHapus
  2. wuaaa :o keren banget bro, baru tau kalo jambi menyimpan banyak wisata. apalagi monas jambi, bneran baru tau :D hehhee

    BalasHapus
  3. Aku gak pernah ke Jambi -,-

    btw, good luck lutfi buat lombanya :D \m/

    BalasHapus
  4. Aku gak pernah ke Jambi -,-

    btw, good luck lutfi buat lombanya :D \m/

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah sudah pernah ke Jambi dan rasanya masih perlu waktu dua minggu lebih untuk ngubrek-ubrek Jambi terutama di kabupaten Kerinci, Bungo, dan Merangin. :D

    BalasHapus

Instagram