Flash Blogging Dalam Menyambut Asian Games 2018

by - November 23, 2017


Pagi ini, Palembang diguyur hujan. Hari ini saya ada agenda mengikuti acara Flash Blogging yang diadakan oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan dan Kominfo di hotel Novotel. Tepat pukul 8.30 wib taksi online yang saya tumpangi sampai di depan Novotel, saya pun langsung menuju Ballroom tempat dilaksanakan acara dan mengisi daftar nama blogger yang hadir di acara Flash Blogging.

Acara Flash Blogging kali ini selain dihadiri para blogger Palembang juga dihadiri oleh Kadiskominfo Provinsi Sumatera Selatan dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik. Selain itu juga ada pemaparan materi dari INASGOC daerah, Tim Komunikasi Presiden, dan pemberian materi tentang blogging dari bapak blogger Indonesia yaitu Enda Nasution.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan pertanda acara di mulai. 


Untuk sesi pemaparan materi pertama yaitu tentang "Indonesia mengahadapi Asian Games 2018" yang dipaparkan oleh bapak Bambang Supriyanto selaku perwakilan dari panitia INASGOC daerah. Bapak Bambang Supriyanto banyak sekali menjelaskan tentang kemajuan pembangunan dari persiapan menyambut Asian Games 2018 mulai dari Rusunawa, venue pertandingan, dan progress pembangunan lainnya.

Sungguh menjadi kebanggaan saya sebagai seorang yang hidup di Palembang, karena Palembang menjadi salah satu kota dilaksanakan perhelatan akbar se-asia ini. Karena memang dampaknya sangat luar biasa bagi masyarakat Palembang. Mulai dari pencarian volunteer untuk Asian Games sangat meningkatkan keaktifan untuk menyelenggarakan pertandingan hingga di bidang ekonomi.



Sesi kedua, para peserta Flash Blogging mendapat materi dari bapak Handoko dari Tim Komunikasi Presiden yang menceritakan tentang Sudut Istana. Dalam sesinya bapak Handoko banyak menceritakan tentang kegiatan dari Jokowi sebagai Presiden dan kebijakan-kebjakan dalam pemerintahan Jokowi.



Pada sesi ini, ada tamu yang sangat inspiratif yaitu bapak Sukardi Rinakit sebagai timpenasihat Presiden. Bapak Sukardi Rinakait memberi pesan bahwa sebagai penulis atau blogger itu harus menerapkan 3 prinsip yaitu harus bisa menerima kekecewaan, data yang akurat, dan cek & Ricek terhadap tulisan sebelum diterbitkan.

Sesi ketiga yang merupakan sesi terakhir merupakan pemberian materi dari mas Enda Nasution dari salah satu penggiat blog yang merupakan bapak blogger Indonesia. Pada sesi ini, mas Enda menjelaskan tentang tata cara bagaimana membuat tulisan di blog agar "bagus" yaitu dengan menulis bertemakan emosional, menulis yang lebih spesifik (food, travel, beuty), tulisan berguna, dibagiakan di sosial media lain, dan reaksi tentang tulisan yang diterbitkan.

Tips menulis versi Enda Nasution yaitu menulis 20 alternatif judul, orang tidak membaca tapi men-scan, dan menggunakan link sebagai refrensi terhadap web lainnya.



Dan terakhir mas Enda Nasution mengajak blogger mengajak para blogger untuk membaca #BIJAKBERSOSMED

You May Also Like

4 komentar

  1. Waaaa keren udah pake domain sendiri :) Seru ya acaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa thank you mba Ainun, masih perlu banyak belajar nih dari mba Ainun :D

      Hapus
  2. flash blogging bisa nambah ilmu baru #saik

    BalasHapus

Instagram