Ketakutan Belanja Online

by - Agustus 07, 2015



Jadi udah berapa barang yang kamu beli secara online?

Di jaman sekarang ini semua barang di jual secara online, dari mulai produk sandang hingga benda yang lucu-lucu, cewek kan lemah ya kalau lihat barang yang lucu-lucu, lucu dikit cuss deh langsung beli. Bahkan sekarang ketemu jodoh pun bisa secara online. Jadi siap-siap aja siapa tau kamu salah satu jodoh gue. *ehh

Enaknya belanja secara online itu kita tinggal liat-liat barang yang kita pengin di online shop, jadi dengan mudah kita bisa membandingkan harga antar online shop. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan proses pembayaran terus duduk-duduk manis dan beberapa hari kemudian barang akan sampai di tangan. Jadi, nggak perlu menghabiskan banyak waktu untuk jalan dan menyambangi berbagai toko untuk melihat barang-barang, tapi kamu kudu siapin kuota internetnya ya.

Well, walaupun dengan belanja online itu mempermudah untuk mendapatkan barang, tapi belanja online juga mempunyai risiko yang tinggi. Jadi kudu hati-hati juga sih, jangan sampe terlena juga ya.

Nah, di sini gue bakal bahas tentang kelemahan dari belanja online. Check this out guys

Penipuan

Namanya juga dunia maya, kan abstrak. Siapa yang jualan, siapa yang beli juga nggak kenal. Maka dari itu lah belanja online itu rentan banget dengan penipuan. Nah, gue bakal kasih berbagai tips kalo kamu sebagai pembeli ketika akan membeli barang secara online agar terhindar dari penipuan.

   Testimoni
  Testimoni pembeli itu sangat penting, biasanya online shop akan memposting berbagai testimoni dari pembelinya. Nah boleh nih kamu lihat dan baca testimoni dari pembeli. Kalo banyak yang beli, otomatis online shop tersebut bisa masuk salah satu online shop yang dipercaya.

   Update Barang
  Online Shop yang aktif akan selalu update barangnya karena pasti memproduksi barang baru. Jadi, jangan lupa untuk mengecek website atau sosial media yang mereka punya. 


Barang Tak Sesuai dengan Foto

Ini sering banget terjadi. Dengan adanya berbagai macam aplikasi edit foto sekarang ini, membuat foto kelihatan cetar dan efek cahaya terkadang menjadi salah satu penyebabnya. Nah, ini merupakan penyebab barang yang kita lihat dan kita terima terkadang berbeda, perbedaannya sih biasanya pada warna barang.

Kebesaran atau Kekecilan

Karena barang yang dibeli tidak dicoba, terkadang salah membeli barang yang biasanya pakai baju M eh ternyata kekecilan. Walaupun ada juga online shop yang menerima penukaran barang tapi kan ya jadinya ribet. Seharusnya bajunya udah dipakai, ini harus dituker lagi.

Makanya sebelum beli kamu kudu tanya-tanya tentang detailnya misalnya kalau beli sepatu diukur dulu kakinya dan baru disesuain dengan nomer sepatu dan panjang sepatu yang dijual di online shop tersebut, 

Kalau kamu sendiri, ada nggak sih kekhawatiran atau ketakutan kamu ketika belanja secara online. Kalau ada, boleh nih share di kolom komentar.

You May Also Like

27 komentar

  1. Aku sering membeli online klo yg pelayanannya cepat barang sesuai jd langganan yg hati2 itu kosmetik byk yg palsuaku pernah barang yg sama di olshop berberda di olshop yg satu ok2 saja olshop yg satunya mukaku gatal2 dan jerawatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku paling takut kalo beli kosmetik secara online soalnya kan nggak tau ya asli atau palsu kalo langsung beli di gerai resminya kan enak jadi tau. Soalnya muka aku ini kalo nggak cocok langsung deh bejibun jerawatnya, lain kali lebih hati-hati ya mba :).

      Hapus
  2. Belanja online cocok banget lah buat yang pemalas kayak aku hehehe...

    Biasanya sih aku sering beli novel via online Lutfiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering beli di OS mana tehhh? *kepooo bedss hihi :))

      Hapus
  3. Sama nih, gue juga kadang suka takut kalo mau belanja online! Pengalaman sih, gue pernah PO backpack gitu kan. Penampilanny bagus, tanpa cacat. Tapi ternyata kualitas bahannya payah banget! padahal harganya.. uwoo... mahal :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dilihat testimoni dari pembelinya. Huhuhu jadi rugi lah ya kalo gitu :(

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang aku blum pernah blanja online.. *Katrok*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak pernah ngerasain deg-degan buat nunggu barang berarti yaaa. Heheheee :D

      Hapus
  6. paling masalahnya dari ukuran kalo beli online sepatu atau baju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadangan dipikir-pikir udah pas ehh ternyata kebesaran atau kekecilan

      Hapus
  7. Akuuu sering banget belanja online terutama novel :) novel kalau beli online lebih murah dibanding beli di toko buku kayak gramed. Barang - barang cewek lain kayak baju aku juga suka belanja online😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biasanya di online malah kebanyakan lebih murah ya Cha :)

      Hapus
  8. jadi inget postingan bang arip..
    belanja online itu emang banyak rintangannya. apalagi sepatu. kekecilan atau kebesaran nggak bakal ketahuan sebelum barang sampai

    BalasHapus
  9. iya bener.. kadang enggak sama dengan yang difoto :(

    BalasHapus
  10. Paling takut gak sesuai dengan foto yang dijual

    BalasHapus
  11. Aku mbak, beli hijab di toko online, pas dateng ga sesuai gambar, trus aku complain dong.
    Trus apa jawabannya ?
    Yang di gambar kemaren itu, orinya sis. Kita jual replikanya

    Hhuwaaattt? Kenapa majang poto yang Ori?!

    Hihihi

    BalasHapus
  12. Dulu juga sempet takut sih mbak, tapi Alhamdulillah selama ini belum pernah kena tipu :-)

    BalasHapus
  13. Aku dulu takut belanja online karena takut penipuan.. Ternyata kita mesti cari tahu dulu toko online-nya terpercaya atau tidak.. Setelah yakin toko online pilihanku itu gak nipu baru deh aku berani belanja online.. Ternyata simpel ya belanja online kita bisa pilih2 barangnya dari depan laptop..

    BalasHapus
  14. Kalo ditanya udah berapa banyak barang yang dibeli secara online? Jawabannya BUANYAK! Jadi udah kayak kebiasaan aja. Tiap bulan biasanya pasti ada aja barang yang dibeli secara online. Mungkin karena faktor tempat tinggal juga sih yang lumayan jauh ke mana-mana. Biasanya beli online pun karena emang nggak ada kalo beli secara langsung.

    Nah, iya bener tipsnya. Gue juga kalo mau beli sesuatu, pasti liat dulu testimoninya atau reputasinya. Apalagi kalo si penjualnya nggak bisa pake rekber. Harus ekstra hati-hati. Perihal barang yang nggak sesuai biasanya karena si penjual pasang foto yang bukan asli dari barangnya, tapi ngambil dari katalog, biasanya gitu.

    Hehe maap kepanjangan :D

    BalasHapus
  15. Berbelanja online sepebenarnya solusi paling tepat untuk kita yang malas bepergian membeli barang yang kita inginkan. tapi zaman sekarang ini banyak modus penipuan baru.... jadi kalau mau berbelanja online harus benar-benar teliti dan di website online yang benar-benar terpercaya. saya sudah pernah ketipu soalnya untuk beli online...hehehe jadi berhati-hatilah kalau lagi berbelanja online.....;-)

    BalasHapus
  16. Mengerti betul tentang detail yang akan dibeli secara online itu penting sekali ya, Mbak :)

    BalasHapus
  17. kebesaran atau kekecilan itu emang problem bgt yah, apalagi ga semua online shop bisa retur. makanya aku lebih ngefollow akun yang detail bgt kalo ngejelasin produk. hehe

    BalasHapus
  18. "barang nggak sama dengan yang difoto" biasanya kalau beli baju problemnya kayak gitu tuh, jadi kzl. Tapi salahnya mungkin beli bukan baju bermerk sih. Habisnya beli baju satu yang bermerk bisa beli baju tiga yang unbranded *tetep ya cewek cari yang murah meriah*

    Tapi nggak kapok sih belanja online karena nggak capek keliling dan nggak perlu nawar :D

    www.dudukpalingdepan.blogspot.co.id

    BalasHapus
  19. Sebenarnya kalau berbelanja online itu tidak perlu takut dan harusnya tenang karena kan tidak semua penjual online penipu tetapi itu tergantung kita sebagai pembelinya apakah kita teliti dalam memilih tempat untuk membeli di toko online tersebut dan apakah toko online tersebut terpercaya.

    BalasHapus

Instagram